SILABUS
KEGIATAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
MATA
PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS/SEMESTER : X (SEPULUH)/I
STANDAR
KOMPETENSI : 1. Memahami gejala-gejala alam melalui
pengamatan
Kompetensi
Dasar
|
Kompetensi
sebagai hasil belajar
|
Materi
pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
belajar
|
1.1
Mengidentifikasi objek secara
terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik
|
·
Menyimpulkan
prinsip dan dasar klarifikasi makhluk hidup
·
Mengumpulkan
informasi peran virus bagi manusia
·
Membuat
kegiatan tentang virus
|
·
Prinsip
dan dasar klasifikasi makhluk hidup
·
Ciri
-ciri virus meliputi :
1.
Ciri
benda mati virus
2.
Ciri
hidup virus
·
Struktur
tubuh virus
·
Cara
reproduksi virus
·
Peranan virus
bagi manusia meliputi :
1.
Peran
yang menguntungkan
2.
Peran
yang merugikan
|
·
Diskusi
prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup
·
Diskusi
ciri-ciri virus
·
Menggambar
skema reproduksi virus
·
Mengumpulkan
informasi tentang peran virus bagi manusia
·
Tugas
membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya
|
·
Mendeskripsikan
ciri-ciri virus
·
Membandingkan
ciri virus dan ciri hewan dan tumbuhan
·
Mengidentifikasi
peran virus bagi manusia
·
Membuat
kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya
|
·
Jenis
tagihan :
1.
Uji
kompetensi tertulis
2.
Malakah
·
Instrumen
penelitian
1.
Soal uji
kompetensi tertulis
2.
Lembar
penilaian
|
2 x 45
menit
|
·
Buku
Biologinya X Slamet P Bumi Aksara Bab IV
·
Buku
ajar lain yang relevan
·
Berbagai
informasi tentang mikroorganisme dan penyakit yang disebbabkan oleh
mikroorganisme
·
LKS 6 : virus
dan peranannya bagi kehidupan
|
|
·
Mendeskripsikan
ciri-ciri prostita
·
Pengelompokan
protista berdasarkan cirri-ciri dapat
diamati
·
Mengumpulkan
informasi tentang protista
|
·
Cirri-ciri
protista meliputi :
1. Protista yang mempunyai perubahan
2. Protista yang menyerupai hewan
3. Protista yang menyerupai jamur
·
Peran
protista bagi manusia meliputi :
1. Peranan yang menguntungkan
2. Peranan yang merugikan
|
·
Diskusi
untuk mendeskripsikan cirri-ciri protista
·
Diskusi
tentang klasifikasi protista yang diamati
·
Tugas
mengumpulkan informasi tentang protista
|
·
Mendeskripsikan
cirri-ciri protista yang menyerupai hewan, tumbuhan dan jamur
·
Mengelompokkan
contoh protista yang diamati
·
Mengidentifikasi
protista yang menguntungkan dan merugikan manusia
|
·
Jenis
tagihan
1.
Uji
kompetensi tertulis
2.
Makalah
·
Instrument
penilaian
1.
Lembar
penilaian makalah
2.
Soal uji
kompetensi tertulis
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar